BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Friday 9 February 2024

Menteri Irlandia Utara: Hamas Menjadi Mitra Perdamaian di Timur Tengah

 

qudsnen.co

Hamas pada akhirnya akan menjadi mitra perdamaian di Timur Tengah, kata Michelle O'Neill, Menteri Pertama Irlandia Utara yang baru.


Dalam wawancara dengan Andrew Marr di radio LBC, Ms O'Neill, wakil presiden Sinn Fein, mengatakan contoh proses perdamaian Irlandia Utara membuktikan betapa pentingnya dialog dalam mengakhiri konflik.


Dia menyerukan gencatan senjata dalam perang genosida Israel di Gaza, dan menyatakan Gaza sebagai “kuburan bagi anak-anak”, dengan mengatakan: “Jangan sampai itu menjadi kuburan hukum internasional”.


Marr bertanya kepada O'Neill: “Dahulu kala, IRA dipandang sebagai organisasi teroris yang tidak dapat diajak bicara oleh pemerintah Inggris dan pihak lain, namun kita tahu apa yang terjadi selanjutnya.


“Apakah menurut Anda Hamas, meskipun dianggap sebagai organisasi teroris oleh banyak orang di seluruh dunia, pada akhirnya akan menjadi mitra perdamaian, harus menjadi mitra perdamaian?”


Dia berkata: “Ya – saya pikir Anda hanya perlu melihat contoh yang kami berikan untuk mengetahui betapa pentingnya dialog, dan itulah satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik.


“Jika pemerintah Inggris tidak berbicara dengan Partai Republik atau Partai Republik tidak berbicara dengan pemerintah Inggris di masa lalu, maka di Irlandia kita tidak akan berada dalam skenario seperti sekarang, yaitu menikmati masyarakat yang damai dan jauh lebih setara.


“Jadi, yang perlu kita lihat di Timur Tengah, khususnya terkait Palestina, adalah kita perlu melihat gencatan senjata sekarang. Dan kita membutuhkan komunitas internasional untuk bernyanyi bersama dan harmonis dalam hal gencatan senjata sekarang.”


Sinn Fein secara historis mendukung rakyat Palestina, menyamakannya dengan perjuangan mereka melawan kekuasaan pendudukan yang lebih besar dan perjuangan kemerdekaan.

Sumber https://qudsnen.co/?p=43707

Share:

0 comments:

Post a Comment