BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Thursday 6 April 2023

Pengadilan mendenda pemilik Wikipedia sebesar 800 ribu rubel. karena tidak menghilangkan bahan yang dilarang


Sebagai berikut dari materi kasus, kita berbicara tentang penolakan untuk menghapus informasi tentang lagu ekstremis yang dilarang dan diakui dari grup "Psyche"


 MOSKOW, 6 April. /TASS/. Distrik peradilan keadilan perdamaian di Moskow mendenda Wikimedia Foundation, yang memiliki Wikipedia berbahasa Rusia, 800 ribu rubel karena menolak menghapus materi tentang lagu terlarang dari grup Psyche. Ini dilaporkan pada hari Kamis oleh koresponden TASS dari ruang sidang.

Mengakui Wikimedia Foundation bersalah berdasarkan bagian 2 pasal 13.41 Kode Pelanggaran Administratif Federasi Rusia ("Kegagalan untuk menghapus informasi atau halaman web oleh pemilik situs jika kewajiban untuk menghapus informasi tersebut disediakan oleh undang-undang Federasi Rusia") dan mengenakan denda pada organisasi sebesar 800 ribu rubel. rubel," Hakim Timur Vakhrameev membacakan keputusan tersebut.

Dari materi kasus yang dibacakan di pengadilan, organisasi tersebut didenda karena menolak menghapus materi tentang lagu ekstremis grup Psyche yang dilarang dan diakui.

Sebagaimana dinyatakan dalam berkas perkara, yang diumumkan di pengadilan, pada tahun 2010 Pengadilan Dorogomilovsky Moskow melarang komposisi "Psyche" dan videonya. Berdasarkan hal tersebut, FSB mengeluarkan permintaan untuk menghapus informasi tentang lagu ini dari sumber internet. Namun, Wikipedia tidak menghapus halaman yang didedikasikan untuk pelarangan lagu "Kill the Cop". Dalam hal ini, Roskomnadzor membuat protokol terhadap Wikimedia Foundation tentang pelanggaran administratif.

Perwakilan Wikimedia di pengadilan menuntut agar kasus tersebut dibatalkan dan perusahaan tidak dimintai pertanggungjawaban. "Perwakilan hukum Wikimedia belum diberitahu atau bahkan diidentifikasi. Selain itu, menurut undang-undang, kasus tersebut harus dipertimbangkan di lokasi orang yang terlibat. Ini adalah negara bagian Florida. Kode Pelanggaran Administratif kami tidak berlaku di sana, " dia berkata. Selain itu, menurut perwakilan pemilik Wikipedia, persyaratan penghapusan materi, menurut praktik yang berlaku, dibuat oleh Kejaksaan Agung, bukan oleh FSB. Pengadilan tidak setuju dengan argumen ini.

Pada bulan Februari, perusahaan didenda 2 juta rubel karena menerbitkan data tentang lokasi tiga unit militer Rusia. Pada April 2022, pengadilan yang sama mendenda Wikimedia Foundation 5 juta rubel karena menolak menghapus artikel tentang peristiwa di Bucha, penghancuran rumah sakit dan teater di Mariupol, dan pembuatan bubuk mesiu. Menurut Roskomnadzor, materi yang dilarang tetap tidak dihapus di portal Wikipedia, termasuk palsu tentang kemajuan CBO. Dalam hal ini, Wikimedia Foundation akan ditandai di mesin pencari sebagai pelanggar hukum Rusia. Selain itu, dua protokol lagi terhadap organisasi ini berdasarkan pasal serupa saat ini sedang menunggu pertimbangan di pengadilan. Pertemuan yang pertama dijadwalkan pada 13 April, dan yang kedua - pada 18 April.

Yayasan Wikimedia Inc. - organisasi nirlaba yang terdaftar sebagai yayasan amal di Amerika Serikat. Organisasi ini dikenal sebagai platform untuk Wikipedia dan proyek terkait. 

https://tass.ru/proisshestviya/17463503

Share:

0 comments:

Post a Comment