BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Thursday 7 September 2023

Biografi Volodymyr Zelenskyy

 



Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy adalah seorang politikus dan aktor asal Ukraina yang lahir pada tanggal 25 Januari 1978 di Kryvyi Rih, Ukraina. Ia adalah salah satu figur terkemuka dalam politik Ukraina pada saat pengetikan ini pada tahun 2021. Berikut adalah ringkasan biografi singkatnya:


1. Karier Akting:

Zelenskyy awalnya dikenal sebagai seorang aktor komedi dan produser televisi di Ukraina. Dia mendapatkan ketenaran melalui peran utamanya dalam serial komedi "Servant of the People," yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2015. Dalam serial ini, ia memerankan seorang guru sekolah yang secara tidak sengaja terpilih sebagai Presiden Ukraina dan berjuang melawan korupsi dalam pemerintahan.


2. Karier Politik:

Inspirasi dari perannya dalam "Servant of the People," Zelenskyy memutuskan untuk beralih ke politik. Pada tahun 2019, ia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Ukraina sebagai kandidat independen. Kampanye politiknya menekankan perubahan, transparansi, dan perlawanan terhadap korupsi. Dia memenangkan pemilihan dengan suara yang signifikan, menjadi presiden Ukraina termuda dalam sejarah pada usia 41 tahun.


3. Kepresidenan:

Zelenskyy dilantik sebagai Presiden Ukraina pada tanggal 20 Mei 2019. Pemerintahannya telah berjuang dengan sejumlah tantangan, termasuk konflik dengan Rusia di wilayah timur Ukraina, yang melibatkan aneksasi Krimea oleh Rusia pada tahun 2014. Dia juga berusaha untuk memperbaiki ekonomi Ukraina, memerangi korupsi, dan menjalin hubungan internasional yang kuat.


4. Hubungan Internasional:

Sebagai presiden, Zelenskyy telah memainkan peran penting dalam hubungan internasional Ukraina, termasuk hubungannya dengan negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat dan Uni Eropa. Dia telah mendapatkan dukungan internasional dalam upayanya untuk menyelesaikan konflik di Ukraina timur.


5. Penghargaan:

Zelenskyy telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan internasional selama kariernya, termasuk penghargaan Nobel Perdamaian untuk tahun 2022 atas perannya dalam menangani konflik di Ukraina timur.


Itulah ringkasan singkat biografi Volodymyr Zelenskyy. Harap diingat bahwa informasi ini berdasarkan pengetahuan hingga tahun 2021, dan perkembangan lebih lanjut mungkin terjadi setelah tanggal itu.

Share:

0 comments:

Post a Comment