BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Saturday 25 February 2023

Video Live Eksekusi Ferdy Sambo dari Nusakambangan, Dipimpin Kim Jong Un, Benarkah Faktanya?

 


  Eksekusi Brigadir J Ferdy Sambo, terdakwa kasus pembunuhan berencana, kabarnya akan disiarkan langsung dari Nusakambangan. Jika diberitakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan mengawasi eksekusi suami Putri Candrawathi, ceritanya tidak berhenti sampai di situ.

Pada 23 Februari 2023, seorang pengguna YouTube bernama Elon Jefri memposting cerita ini. Video tersebut telah ditonton lebih dari 200 ribu kali sebelum informasi ini dirilis.

Akun ini mengusung nama yang sama dengan video yang mengisahkan eksekusi mati regu tembak Ferdy Sambo dan akan ditayangkan secara langsung.

Judul grafis dan video keduanya mengklaim bahwa Presiden Korea Utara Kim Jong Un secara pribadi akan mengawasi eksekusi terpidana mati kasus Yosua.

Adapun narasi yang ditulis dalam thumbnail atau sampul video sebagai berikut:

"KIM JONG UN PIMPIN EKSEKUSI TERPIDANA MATI FERDY SAMBO."

Sementara itu, narasi yang dibagikan dalam judul video berikut ini:

"LIVE DARI NUSAKAMBANGAN. FULL VIDEO PROSES EKSEKUSI TERPIDANA M4TI FERDY SAMBO TERBARU HARI INI."

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Menurut penyidik, rumor Ferdy Sambo akan dihukum mati dan disiarkan langsung dari Nusakambangan di bawah pengawasan langsung Kim Jong Un adalah tidak benar.

Sebenarnya, tidak disebutkan eksekusi langsung Ferdy Sambo dari Nusakambangan dalam konten video tersebut. Eksekusi Sambo akan dipimpin oleh Kim Jong Un, yang tidak disebutkan dalam video tersebut.

Di sisi lain, film ini membahas bagaimana terpidana mati dieksekusi di Indonesia sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Pidana Mati.


Narator video menyampaikan cerita tentang prosedur eksekusi sambil mengutip artikel Detiknews. Artikel tersebut berjudul dan dirilis pada 14 Februari 2023 “Bagaimana Prosedur Eksekusi Indonesia? Ini Pedomannya”.


KESIMPULAN


Menurut justifikasi yang diberikan, kisah eksekusi Ferdy Sambo yang diperintahkan Kim Jong Un dan disiarkan langsung dari Nusakambangan adalah rekayasa.


Cerita ini berada di bawah tajuk konten palsu, atau hal-hal yang tidak berarti.

Share:

0 comments:

Post a Comment