BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Tuesday 11 June 2024

Musik Jazz Hip Hop, adalah Perpaduan Jazz dan Hip Hop.

 Jazz hop, juga dikenal sebagai jazz rap atau jazz hip hop, adalah perpaduan musik jazz dan hip hop. Genre ini muncul sebagai subgenre hip hop alternatif pada akhir 1980-an dan awal 1990-an.

https://www.beatcurry.com/origin-of-jazz-from-new-orleans-to-around-the-world/


Genre ini adalah upaya untuk menggabungkan musik Afrika-Amerika masa lalu dengan bentuk yang dominan di masa sekarang, memberikan penghormatan dan menghidupkan kembali yang pertama sambil memperluas cakrawala yang terakhir. Irama berakar pada hip hop di mana frasa repetitif dari instrumen jazz ditempatkan: terompet, double bass, dll.


Grup yang terlibat dalam pembentukan jazz rap termasuk A Tribe Called Quest, Digable Planets, De La Soul, Gang Starr, The Roots, Jungle Brothers, dan Dream Warriors. Selama tahun 1970-an, The Last Poets dan Gil Scott-Heron menempatkan kata-kata yang diucapkan dan puisi berima di atas trek jazz.


Pada tahun 1989, Gang Starr merilis single debut "Words I Manifest", mengambil sampel "Night in Tunisia" Dizzy Gillespie tahun 1952, dan Stetsasonic merilis "Talkin' All That Jazz", mengambil sampel Lonnie Liston Smith. LP debut Gang Starr, No More Mr. Nice Guy (Wild Pitch, 1989), dan trek mereka "Jazz Thing" (CBS, 1990) untuk soundtrack Mo' Better Blues, semakin mempopulerkan gaya jazz rap.


Pada tahun 1992 Eric B & Rakim menggunakan bass kayu pada "Don't Sweat the Technique". Rilis Digable Planets tahun 1993 Reachin' (A New Refutation of Time and Space) adalah rekaman jazz rap hit yang mengambil sampel seperti Don Cherry, Sonny Rollins, Art Blakey, Herbie Mann, Herbie Hancock, Grant Green, dan Rahsaan Roland Kirk. Ini melahirkan single hit "Rebirth of Slick (Cool Like Dat)".


Jazz hop terus berkembang di abad ke-21 dengan inovasi generasi baru musisi jazz dan hip-hop. Artis seperti J Dilla dan Madlib sangat berperan dalam evolusi pengambilan sampel ulang dan pengolahan loop jazz menjadi beat hip hop, menciptakan ritme baru untuk mengikuti ayunan hip hop. Baru-baru ini, artis seperti Moonchild, Robert Glasper, dan Tom Misch telah membentuk suara mereka dengan membuat progresi akord yang melimpah bersama dengan beat elektronik yang ayun.

Share:

0 comments:

Post a Comment