BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Friday, 17 October 2025

Andai Hidup Lagi... Jalur Kereta Rengasdengklok–Cikampek Bisa Jadi Ikon Baru Jawa Barat

Sejarah Jalur Kereta Api Rengasdengklok–Tanjungpura: Jejak Trem Zaman Hindia Belanda

🚂 Jalur Kereta Api Rengasdengklok–Tanjungpura: Jejak Trem Zaman Hindia Belanda di Karawang

Pernahkah kamu membayangkan kalau dulu, di masa Hindia Belanda, kereta api pernah melintasi wilayah Rengasdengklok hingga Tanjungpura? Ya, jauh sebelum era jalan raya modern, jalur kereta ini menjadi urat nadi pengangkutan hasil bumi di Karawang bagian utara. Kini, jalur tersebut sudah lama tak beroperasi, namun jejak sejarahnya masih tersisa di hati masyarakat setempat.

 

Jalur kereta Karawang Rengasdengklok Cikampek
Karawang–Cikampek, Karawang–Rengasdengklok , dan Cikampek–Cilamaya https://id.wikipedia.org/

🕰️ Sejarah Singkat Jalur

Jalur ini dibangun oleh perusahaan kereta Belanda Staatsspoorwegen (SS) pada masa kolonial antara tahun 1909 hingga 1920. Awalnya, jalur ini termasuk lintas cabang yang berfungsi sebagai jalur trem pengangkut hasil pertanian, terutama padi dari wilayah Karawang utara menuju pelabuhan dan pasar di Batavia (sekarang Jakarta).

Selama beberapa dekade, kereta trem ini menjadi andalan masyarakat pedesaan untuk mobilitas barang dan orang. Namun, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor, jalur ini mulai sepi penumpang. Akhirnya, jalur ini ditutup bertahap antara tahun 1981 dan 1984.

⚙️ Data Teknis Jalur Trem Karawang

KeteranganDetail
JenisLintas cabang
SistemJalur trem
StatusTidak beroperasi
TerminusKarawang – Cikampek
Dibangun olehStaatsspoorwegen
Dibuka1909–1920
Ditutup1981 dan 1984
Pemilik saat iniPT Kereta Api Indonesia
OperatorWilayah Aset I Jakarta
Panjang rel76,572 km (47,58 mil)
Lebar sepur600 mm (1 ft 11+5⁄8 in)
Kecepatan operasi20 – 30 km/jam

🚉 Kondisi Saat Ini

Sekarang, jalur kereta Rengasdengklok–Tanjungpura sudah menjadi bagian dari sejarah. Sebagian besar relnya tertimbun tanah, dijadikan jalan desa, atau bahkan dibangun rumah di atasnya. Namun di beberapa titik — terutama di sekitar Kutawaluya, Rengasdengklok, dan Tanjungpura — masyarakat masih bisa menemukan sisa-sisa bantalan rel, jembatan kecil, dan bekas stasiun lama yang kini tinggal reruntuhan.

🌾 Nilai Sejarah dan Potensi Revitalisasi

Walaupun sudah mati sejak lama, jalur ini menyimpan nilai sejarah dan potensi wisata yang besar. Bila pemerintah mau, jalur ini bisa dihidupkan kembali untuk:

  • Jalur wisata sejarah trem Hindia Belanda,
  • Angkutan hasil pertanian, atau
  • Transportasi lokal penghubung antar-kecamatan di Karawang utara.

Dengan proyek-proyek seperti revitalisasi jalur Cipatat–Padalarang yang kini sedang dikaji, siapa tahu suatu hari nanti Rengasdengklok–Tanjungpura bisa kembali hidup, menghubungkan masa lalu dan masa depan.

🏁 Penutup

Jalur kereta api Rengasdengklok–Tanjungpura bukan sekadar rel besi yang tertimbun tanah, tapi simbol perjalanan sejarah panjang Karawang — dari masa kolonial hingga modern. Meskipun kini hanya tinggal kenangan, semangatnya tetap hidup di antara cerita warga dan jejak yang tersisa di tanah padi Karawang.

Sumber:
- Arsip sejarah Staatsspoorwegen Hindia Belanda
- PT Kereta Api Indonesia
- Dokumentasi Komunitas Sejarah Karawang

Tag: #Karawang #Rengasdengklok #Tanjungpura #KeretaApi #SejarahKarawang #TremHindiaBelanda #Infrastruktur #KAI #JalurMati #Transportasi

Share:

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer

Disclaimer
Ketentuan Penggunaan Konten di kedungmundukrw.blogspot.com

Blog Archive