Facebook adalah situs media sosial, tetapi juga dapat menjadi sumber pendapatan. Cari tahu di bawah ini cara memonetisasi Facebook! |
Seiring kemajuan teknologi, media sosial kini dimanfaatkan lebih dari sekadar bertukar pesan, foto, dan video. Media sosial telah digunakan oleh banyak orang sebagai sarana untuk mendapatkan uang.
Facebook, yang didirikan Mark Zuckerberg pada Februari 2004, merupakan salah satu platform media sosial dengan pengguna aktif bulanan (MAU) tertinggi, atau lebih dari 2,89 miliar individu. Tidak diragukan lagi ada banyak peluang bagi setiap orang untuk menghasilkan uang menggunakan platform Facebook mengingat angka MAU yang tinggi.
Semua orang dari latar belakang apa pun dapat menghasilkan uang di Facebook dengan berbagai cara. Yuk, baca panduan menghasilkan uang Facebook selengkapnya di bawah ini untuk informasi tambahan!
Strategi Menghasilkan Uang Facebook
Menjual, ikut serta dalam undian, menggunakan program Facebook Gaming, dan pemasaran afiliasi hanyalah beberapa dari berbagai cara untuk menghasilkan uang di Facebook. Berikut cara memonetisasi Facebook secara lebih rinci:
1. Menggunakan fanpage atau halaman facebook untuk berjualan
Gambar: Sprout Social |
Fanpage Facebook adalah halaman yang khusus dibuat untuk memenuhi tujuan perusahaan secara profesional, terpisah dari profil pribadi.
Di halaman Facebook, Anda dapat membagikan tautan perdagangan Tokopedia Anda. Audiens Facebook Anda akan mengetahui barang yang Anda jual sebagai hasilnya.
Anda harus terlebih dahulu dapat mengumpulkan audiens untuk itu. Setelah halaman Facebook Anda populer dan memiliki banyak pengikut, banyak orang akan mengetahui barang Anda. Efektivitas, ya?
2. Memasang Iklan
Gambar: Unsplash |
Gunakan fitur iklan agar produk memiliki kemungkinan lebih besar untuk dilihat dan dikenal orang. Semua orang akrab dengan halaman Facebook Anda. Fitur yang populer, khususnya di kalangan pebisnis, adalah Facebook Advertising.
Untuk digunakan sebagai iklan, pilih gambar atau video yang menawan. Beberapa saran untuk Toppers: gunakan foto atau film yang membangkitkan rasa ingin tahu Anda dan menarik minat penonton. Akibatnya, iklan dapat menangkap minat banyak khalayak.
Temukan secara efektif cara menggunakan Iklan Facebook untuk mencapai hasil yang setara. YouTube memiliki sejumlah video instruksional.
Ingat juga tiga pertimbangan berikut sebelum memasang Iklan Facebook:
- Sasaran (Apakah Anda ingin meningkatkan keterlibatan audiens atau lebih menekankan pada penjualan?
- Siapa audiens (atau target pasar) untuk perusahaan Anda?
- (Berapa banyak yang ingin Anda anggarkan setiap hari untuk iklan?
3. Affiliate Marketing
Gambar: FreePik |
Apakah Anda senang memberikan rekomendasi produk kepada orang lain? Dalam hal ini, pemasaran afiliasi bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.
Seperti Instagram, Facebook sering melihat barang gratis dari individu atau bisnis. Mengikuti halaman Facebook organisasi yang menyelenggarakan acara adalah salah satu dari banyak persyaratan untuk mengikuti hadiah ini.
Gambar: Funraiser |
Facebook selanjutnya menawarkan fungsi Penggalangan Dana Facebook yang bermanfaat untuk membantu penggunanya mengumpulkan uang menggunakan bantuan pihak ketiga. Menurut situs resmi Facebook, penggunaan fitur ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain:
- Di Facebook, ada lebih dari satu juta grup nirlaba yang dapat Anda sumbangkan dan galang dana untuk tujuan pribadi seperti pendidikan atau perawatan kesehatan.
- Beberapa acara penggalangan dana amal tidak memungut biaya untuk sumbangan. Penggalangan dana pribadi, bagaimanapun, hanya membutuhkan biaya yang kecil.