BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Monday 18 September 2023

Resep Keripik Jengkol Sederhana

 



Berikut adalah resep sederhana untuk membuat keripik jengkol:


Bahan-bahan:


250 gram jengkol, kupas dan iris tipis

Minyak goreng secukupnya

Garam secukupnya

Bumbu perasa (opsional): Anda bisa menambahkan bumbu perasa sesuai selera, seperti bubuk cabai, bubuk bawang putih, atau rempah-rempah lainnya.

Langkah-langkah:


1. Rebus Jengkol: Rebus irisan jengkol dalam air mendidih selama sekitar 15-20 menit. Ini akan membantu menghilangkan bau amis dari jengkol dan membuatnya lebih empuk. Setelah direbus, tiriskan dan biarkan jengkol mendingin.


2. Goreng Jengkol: Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng jengkol dengan baik. Jika Anda ingin menggunakan bumbu perasa, tambahkan bumbu perasa ke dalam minyak panas dan aduk sebentar sebelum menambahkan jengkol.


3. Goreng Jengkol Hingga Kering: Masukkan irisan jengkol ke dalam minyak panas. Goreng dengan api sedang hingga jengkol berubah menjadi warna kecokelatan dan menjadi kering serta renyah. Ini biasanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menit. Pastikan untuk sesekali mengaduk jengkol agar matang merata.


4. Tiriskan dan Beri Garam: Angkat jengkol yang telah matang dan tiriskan di atas kertas tisu atau saringan untuk menghilangkan kelebihan minyak. Setelah itu, beri garam secukupnya ke atas keripik jengkol yang masih panas. Anda juga bisa menambahkan bumbu perasa tambahan jika diinginkan.


5. Biarkan Dingin dan Sajikan: Setelah dingin, keripik jengkol siap untuk disajikan. Anda bisa menyantapnya sebagai camilan atau pelengkap makanan.


Pastikan Anda berhati-hati saat mengolah jengkol, karena beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadapnya. Selain itu, pastikan juga untuk menggorengnya dalam ruangan yang cukup terventilasi karena bau jengkol yang cukup kuat bisa menyebar. Selamat mencoba!





Share:

0 comments:

Post a Comment