BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Sunday 12 March 2023

Baca panduan kami tentang cara meluncurkan bisnis perlengkapan bayi online untuk mempelajari lebih lanjut tentang lima produk ibu dan anak yang laris manis di awal tahun 2023 ini.

 

FOTO Marketplace TOKOPEDIA

Salah satu kategori yang paling diminati masyarakat selama awal tahun 2023 adalah ibu dan bayi atau anak-anak (1 Januari–14 Februari 2023). Mulai awal tahun 2023, semakin banyak pengusaha khususnya UMKM yang meluncurkan dan mengembangkan prospek bisnis online di sektor ini.

“Kami melihat jumlah penjual kategori Ibu dan Bayi meningkat paling banyak di sejumlah lokasi, antara lain Bandar Lampung (Lampung), Bandung Barat (Jawa Barat), Sukoharjo (Jawa Tengah), Denpasar (Bali), dan Makassar. (Sulawesi Selatan).

Lima Strategi Meluncurkan Bisnis Produk Bayi dan Anak

1. Temukan barang terlaris di salah satu Marketplace yang da di indonesia

 Di awal tahun 2023, barang terlaris kategori Ibu dan Bayi di Tokopedia adalah (1) Perawatan Bayi, (2) Popok, (3) Makanan dan Susu Bayi, (4 ) Mainan dan Aktivitas Bayi, dan (5) Peralatan Makan Bayi.

Sedangkan 5 item teratas di Marketplace  kategori Ibu dan Anak adalah sebagai berikut: (1) popok sekali pakai; (2) susu untuk bayi berusia di atas 1 tahun; (3) sampo dan sabun bayi; (4) kapas dan tisu bayi; dan (5) minyak telon.


Pegiat bisnis dapat memanfaatkan tool Market Insights di aplikasi Marketplace Seller untuk mempelajari produk-produk terlaris di Marketplace. Selain itu, fungsi ini dapat membantu penjual dalam mempelajari harga pasar sehingga dapat bersaing secara sehat dan efektif, serta kata kunci teratas untuk setiap lokasi dan kategori produk sehingga dapat memilih judul produk yang sesuai.

2. Berikan deskripsi dan gambar produk secara menyeluruh

Berikan deskripsi barang secara menyeluruh, termasuk merek, tujuan, ukuran, kelompok usia target, kelengkapan, warna, bahan, rekomendasi perawatan, layanan kurir yang tersedia, dan tanggal pengiriman. Untuk lebih meyakinkan calon konsumen, cantumkan sertifikasi apa saja yang sudah didapatkan, seperti label SNI untuk bayi/pakaian anak atau BPOM dan sertifikasi halal untuk makanan bayi.

Untuk menonjolkan keunggulan produk dalam gambar, pastikan pencahayaannya memadai dan gunakan latar belakang polos. Juga tersedia untuk penjual adalah foto produk dari berbagai sudut dan spesifikasi material.

"Penjual harus berperan sebagai pembeli saat menjelaskan produk mereka sehingga mereka dapat mengantisipasi pertanyaan yang mungkin dimiliki pelanggan. Penjual dapat mempelajari sumber daya instruksional yang tersedia melalui 

3. Telusuri kampanye Marketplace secara online

Menggunakan berbagai inisiatif  Marketplace, penjual dapat memperluas basis pelanggan mereka. Tokopedia Parents Fair yang diadakan setiap tahun adalah salah satunya. Vendor yang berpartisipasi dapat menawarkan penawaran yang lebih menarik bagi pembeli di Marketplace Parenting Fair, yang akan berlangsung hingga 3 Maret 2023. Penawaran ini dapat berkisar dari penjualan kilat, cashback, peluncuran eksklusif, dan belanja langsung.

4. Tingkatkan pemasaran dengan kemampuan belanja langsung dan periklanan mandiri


5. Meningkatkan eksposur bisnis dengan memanfaatkan layanan smart warehouse


MarketPlace melaporkan bahwa Pariaman (Sumatera Barat), Tanah Datar (Sumatera Barat), Pelalawan (Riau), Gianyar (Bali), dan Badung mengalami peningkatan jumlah pembeli terbesar pada kategori Ibu dan Bayi (Bali). Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat peluang yang cukup besar bagi industri perlengkapan bayi dan anak untuk memperluas basis pelanggannya.


“Penjual dapat menggunakan layanan pemenuhan pesanan yang ditawarkan oleh Served Marketplace untuk meningkatkan jangkauan pasar mereka. Penjual dapat menggunakan layanan ini untuk menyimpan barang mereka di gudang smart marketplace di daerah dengan permintaan tinggi.

SEMOGA BERMANFAAT

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive