BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Friday 29 December 2023

Anggota DPRD Kabupaten Banjar Yang Tekuni Program Ini'' Muhammad Iqbal''

 Kabupaten Banjar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar yang satu ini mempunyai kegiatan sosial ke masyarakat. Kegiatan sosial tersebut bahkan sudah dilakukan sejak tahun 2015 yang lalu.



Kegiatan yang dilakukan oleh H Muhammad Iqbal, S.H.I atau yang sering disapa H Ibank ini yakni berbagi nasi bungkus dan juga roti. Selain itu juga punya program ziarah keliling bagi masyarakat di Kecamatan Martapura.


Program rutin yang dilakukan oleh politisi Partai Gerindra ini yakni Senin berkah yakni, memberikan makan untuk Guru Guru sejak tahun 2017. Arba Berkah yakni pembagian Roti untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) awal tahun 2023.



Jum’at berkah yakni memberikan makan untuk Duda, Janda, Yatim Piatu dan Dhuafa, Tukang Ojek dan Becak sejak tahun 2015. Pembagian nasi untuk Jama’ah Shalat Subuh dan shalat Jum’at sejak 2017. Maulid berkah yakni pembagian roti untuk kumpulan maulid, yasinan sejak tahun 2023.




Selain itu juga program ziarah bersama masyarakat sudah dilakukan sejak tahun 2017.  Pembagian 1000 roti setiap malam Senin sejak tahun 2023.



Saat ini, H Ibank berada di Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar juga mengupayakan penuh terkait dengan kesejahteraan ustadz dan ustadzah TP TK Al Quran yakni berupa kenaikan insentif.


Seperti yang diungkapkan oleh Zulkarnain warga Martapura bahwa sangat mendukung dengan program Muhammad Iqbal atau yang biasa kami sapa Haji Ibank yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Banjar Fraksi Gerindra.


“Program yang terus berjalan yakni seperti Ziarah, Jumat Berkah, Senin Berkah, Rabu Berkah, dan menyediakan roti untuk daerah Sekumpul, itu sangat bagus dan kami mengapresiasi, tetapi sayang pak Haji bekerja sendiri tanpa dibantu dewan lainnya,” tuturnya.


Zulkarnain juga memberikan sarankan agar Senin dan Rabu berkah dihilangkan dan difokuskan kepada Jumat berkah saja, dengan itu maka dananya bisa digunakan untuk membagi air mineral setiap langgar.


“Tidak usah banyak banyak yang dibagi, semampu pak Haji Saja, dan tentunya langgar langgar perlu air mineral untuk jamaah setelah sholat lima waktu,” ucapnya.


Selain itu, Ia juga menilai Haji Ibank juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Banjar yang sering berkunjung kepada warga, selain membagikan nasi juga roti kepada warga. Dan hal yang paling bagus menurut Zulkarnain adalah menyempatkan diri mampir walau sebentar saat ada yang meninggal.


“Ulun kada pernah melihat anggota dewan saat melewati rumah orang meninggal stop dan melayat, walau singgah berapa menit walaupun tidak mengenal siapa yang meninggal, itu bagi keluarga yang meninggal sangat bahagia,” ungkapnya lagi.


Ia berharap, kalau anggota dewan melayat, tentu ini sangat berkesan di hati warga. Kalau bisa, seluruh anggota dewan Kabupaten Banjar, bila ada lewat rumah orang meninggal,  berhentilah walau hanya sebentar untuk sekedar melayat.


“Semoga Haji Ibank bisa terpilih lagi menjadi anggota DPRD Kabupaten Banjar yang akan datang, dan juga ini bisa menjadi perhatian bagi masyarakat agar memilih orang yang memperhatikan kita walau hal seperti itu kecil, tetapi manfaatnya besar,” tutupnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Abdullah warga Sungai Sipai. bahwa terkait dengan program yang diKerjakan oleh anggota DPRD Kabupaten Banjar Fraksi Gerindra ini sangat bermanfaat untuk Umat seperti Bersedekah setiap hari Jum’at dan Ziarah ke Ke Makam makam Orang Sholeh.


“Kita sangat bersyukur bisa merasakan dengan program yang dilakukan oleh Muhammad Iqbal, dan dengan program ini kita bisa ziarah kepada para wali Allah, yang tentunya mengharapkan Ridho Allah dan Syafaat Rasulullah dan Wali Wali Allah,” ungkapnya.


Ustadz Muhammad juga mengatakan bahwa program yang luar biasa yang pernah dilakukan oleh anggota dewan Kabupaten Banjar H.Muhammad Iqbal, memang mantap, semoga program ini terus berlanjut, dari rakyat untuk rakyat, tambah berkah buat masyarakat Kabupaten Banjar.


Johan warga keraton juga mengungkapkan bahwa mengenai program yang sudah perjalan dilanjutkan saja, Karena masyarakat yang sudah dibina perlu juga tindak lanjutnya utk melanjutkan pembinaan, terutama mengenai kegiatan keagamaan dan sosial di masyarakat.


Seperti yang diungkapkan oleh H Muhammad Iqbal bahwa program ini hanya semata mata membantu orang yang tidak mampu, para janda, anak yatim dan orang yang memerlukan. Selain itu juga membatu adalah kewajiban kita.


“Alhamdulillah terpilih sebagai anggota DPRD tidak terlepas dari dukungan pian, karena tanpa dukungan pian, mungkin tidak bisa seperti ini, ulun (saya red) hanya orang biasa, bukanlah seorang tokoh atau guru atau kyai atau artis,” tuturnya.


Ia mengatakan bahwa dapat menjadi anggota DPRD karena berkat doa janda, yatim piatu dan dhuafa dan dukungan keluarga juga masyarakat Martapura kota karena itu program Berkah Alhamdulillah dapat  berjalan dengan lancar dan untuk membuktikan putra daerah urang asli Martapura Kabupaten Banjar berusaha agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga Berkah dan Istiqomah, Bersama Kita Bisa !!

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive