BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Tuesday 5 December 2023

Jumlah pengungsi di Jalur Gaza mendekati 1,9 juta — UNRWA

 JENEWA, 4 Desember. /TASS/. Hampir 1,9 juta orang di Jalur Gaza, atau lebih dari 80% populasinya, telah mengungsi, kata Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).



“Hampir 1,9 juta orang (atau lebih dari 80 persen populasi) telah mengungsi di Jalur Gaza sejak 7 Oktober,” katanya, seraya menambahkan bahwa setidaknya 60.000 penduduk di wilayah kantong tersebut mengungsi di tempat penampungan UNRWA sejak 30 November. hingga 2 Desember.


“Pada 2 Desember, hampir 1,2 juta pengungsi internal (IDP) berlindung di 156 instalasi UNRWA di lima gubernuran Jalur Gaza, termasuk di Utara dan Kota Gaza,” katanya. “Hampir 1 juta pengungsi berlindung di 99 fasilitas di wilayah Tengah, Khan Younis dan Rafah.


Menurut badan tersebut, setiap fasilitasnya dapat menampung sekitar 10.300 orang, atau empat kali lipat dari kapasitas yang bisa mereka tampung.


Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times pada tanggal 1 Desember, Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini memperingatkan tentang ancaman 'tsunami kemanusiaan' menyusul dimulainya kembali permusuhan di Jalur Gaza. Menurut Lazzarini, wilayah tersebut mungkin akan menghadapi bencana kemanusiaan di musim dingin. Selain itu, dalam kata-katanya, para petugas medis memperingatkan tentang risiko infeksi di tengah kondisi yang tidak sehat dan kurangnya makanan dan air.


Ketegangan kembali berkobar di Timur Tengah pada tanggal 7 Oktober setelah militan dari kelompok radikal Palestina Hamas yang berbasis di Jalur Gaza melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel, menewaskan banyak warga kibbutz Israel yang tinggal di dekat perbatasan Gaza dan menculik lebih dari 200 warga Israel, termasuk perempuan. , anak-anak dan orang tua. Hamas menggambarkan serangannya sebagai respons terhadap tindakan agresif otoritas Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di Temple Mount di Kota Tua Yerusalem. Israel mendeklarasikan blokade total terhadap Jalur Gaza dan melancarkan pemboman terhadap wilayah kantong tersebut dan beberapa wilayah di Lebanon dan Suriah, serta operasi darat terhadap Hamas di Jalur Gaza. Bentrokan juga dilaporkan terjadi di Tepi Barat.


Pada tanggal 22 November, Hamas mengumumkan perjanjian dengan Israel, yang ditengahi oleh Mesir dan Qatar, mengenai gencatan senjata kemanusiaan selama empat hari di Jalur Gaza, yang mulai berlaku pada tanggal 24 November. Namun, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan pada pagi hari tanggal 1 Desember bahwa Hamas telah melanggar gencatan senjata di Gaza dan melepaskan tembakan ke wilayah Israel, sehingga mendorong IDF untuk melanjutkan operasi tempur di Jalur Gaza.

SUMBER https://tass-com

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive