BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Wednesday 24 April 2024

Apa Itu Akupunktur Menurut para Ahli

 

worldatlas.com

Akupunktur adalah pendekatan berbasis pengobatan Cina kuno untuk mengobati berbagai kondisi dengan merangsang titik-titik tertentu pada kulit dengan jarum. Ini telah dipraktekkan selama lebih dari 2.500 tahun dan digunakan untuk menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh.

Filosofi dasar akupunktur didasarkan pada konsep ‘qi’ (dibaca ‘chee’), yang diyakini sebagai kekuatan pemberi kehidupan yang mengalir melalui 14 saluran, dikenal sebagai meridian, dalam tubuh. Ketika qi mengalir dengan baik dan pergi ke semua tempat yang tepat, seseorang akan mengalami kesehatan mental dan fisik yang baik. Ketika qi terblokir atau kurang, itu akan mengakibatkan penyakit.

Setiap jarum akupunktur menghasilkan cedera kecil di tempat penyisipan, dan meskipun cukup kecil sehingga menyebabkan sedikit atau tidak ada ketidaknyamanan, itu cukup sinyal untuk memberi tahu tubuh bahwa itu perlu merespons. Respons ini melibatkan stimulasi sistem kekebalan tubuh, mempromosikan sirkulasi ke area tersebut, penyembuhan luka, dan modulasi nyeri.

Akupunktur telah terbukti oleh ribuan penelitian untuk membantu dengan berbagai gejala, seperti alergi, migrain, nyeri, depresi, dan lainnya. Ini juga digunakan untuk mengobati kondisi seperti nyeri kronis, sakit kepala tegang, migrain, dan kondisi muskuloskeletal (tulang dan otot), di antara lainnya.

Namun, efektivitas akupunktur dibandingkan dengan pengobatan lain masih diteliti. Jika Anda mempertimbangkan akupunktur, penting untuk menemukan praktisi berlisensi dan mendiskusikan kondisi kesehatan dan kekhawatiran Anda dengan mereka.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive