BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Sunday 7 April 2024

SAINS Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Kembali Kaki Katak

 Sebuah proses khusus memulihkan kaki katak yang hilang.

Credit: Unsplash

Anggota badan seekor binatang adalah tali kehidupannya; tanpa mereka, kemampuan makhluk untuk menjalani hidupnya akan sangat terpengaruh, dan itu dengan asumsi mereka tidak segera dimakan oleh predator yang giat. Oleh karena itu, beberapa makhluk sangat beruntung karena mereka mempunyai kemampuan untuk menumbuhkan kembali anggota tubuh yang hilang, dan jika para ilmuwan dapat mengetahui dengan tepat cara kerja proses tersebut, hal ini akan menjadi penemuan yang sangat penting bagi ilmu kedokteran.

Sebuah tim ilmuwan dari Universitas Tufts dan Universitas Harvard telah membuat langkah besar menuju tujuan tersebut dengan berhasil mendorong regenerasi anggota tubuh pada katak biasa. Biasanya, fungsi anggota tubuh katak sama seperti anggota tubuh manusia, yaitu akan meninggalkan bekas luka saat dipotong untuk melindungi tubuh dari infeksi. Namun, dengan memanfaatkan ramuan khusus dari beberapa senyawa penting, para ilmuwan mampu menumbuhkan kembali anggota tubuh katak yang diamputasi.

Begini cara kerjanya: para ilmuwan menciptakan tutup silikon khusus yang berisi obat pelawan peradangan, protein pembentuk otot, dan obat yang merangsang pembuluh darah, serabut otot, dan serabut saraf. Tutup ini dipasang pada titik amputasi selama 24 jam.

“Menggunakan tutup BioDome dalam 24 jam pertama membantu meniru lingkungan seperti ketuban yang, bersama dengan obat yang tepat, memungkinkan proses pembangunan kembali berjalan tanpa gangguan jaringan parut,” David Kaplan, profesor teknik di Tufts dan rekan penulis. studi tersebut, kata dalam siaran pers .

Setelah hari pertama itu, katak tersebut dipantau selama 18 bulan. Benar saja, anggota badannya tumbuh kembali hampir seluruhnya, dan bahkan mendapatkan kembali sebagian besar fungsinya. Anggota badan tersebut menampilkan jaringan internal yang fungsional, dan bahkan struktur organik yang meniru tulang. Tentu saja, ini hanya berhasil pada katak karena sifat amfibinya. Tim perlu memperbaiki tutupnya lebih lanjut jika mereka berharap dapat merangsang pertumbuhan tulang dan jari kaki yang sehat. Meski begitu, ini merupakan langkah besar.

“Fakta bahwa hanya diperlukan paparan singkat terhadap obat-obatan untuk menggerakkan proses regenerasi selama berbulan-bulan menunjukkan bahwa katak dan mungkin hewan lain mungkin memiliki kemampuan regeneratif yang tidak aktif dan dapat dipicu untuk bertindak,” kata Nirosha Murugan, peneliti di the Allen Discovery Center di Tufts dan penulis utama studi ini.

Sumber https://uncached.com/scientists-successfully-regrow-frog-legs/

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive