BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Tuesday 23 April 2024

Pejalanan Sejarah Lukisan Paul Cézanne

wikiart.org


 Paul Cézanne adalah seorang seniman Pasca-Impresionis Prancis yang dikenal karena perannya yang berpengaruh dalam sejarah lukisan modern. Karya dan ide-idenya sangat mempengaruhi perkembangan estetika seniman dan gerakan seni abad ke-20 seperti Kubisme dan Fauvisme.

Perjalanan artistik Cézanne mencakup berbagai gaya dan periode. Lukisan awalnya, didominasi oleh warna gelap, dipengaruhi oleh sapuan kuas ekspresif dari pelukis Romantis Eugène Delacroix dan Realisme Gustave Courbet. Kemudian, ia berhubungan dengan pelukis Impresionis seperti Claude Monet, Camille Pissarro, dan Pierre-Auguste Renoir, yang mempengaruhi gayanya, membuatnya mencerahkan palet warnanya dan menggunakan sapuan kuas pendek khas teknik lukisan Impresionis.

Dari akhir 1870-an hingga awal 1890-an, Cézanne bekerja dalam isolasi relatif dan mengembangkan gaya matangnya. Ia fokus pada melukis benda mati, pemandangan, dan kemudian, potret. Dalam lukisan benda matinya, Cézanne menolak palet gelap dan kontras cahaya dan bayangan yang intens demi palet yang lebih redup dan transisi halus antara nada warna. Ia juga meninggalkan perspektif titik tunggal tradisional, melukis objek dari berbagai perspektif.

Anda dapat menjelajahi galeri 30 lukisan Paul Cézanne, menampilkan perkembangan gayanya dari karya awalnya yang terinspirasi oleh Renaissance hingga Impresionisme di pertengahan karirnya, dan kemudian karya Pasca-Impresionisme yang sepenuhnya matang. Galeri ini mencakup anggota keluarganya, berbagai tempat ia tinggal, subjek yang ia kembali ke banyak kali dalam karirnya seperti jeruk, Mont Sainte-Victoire, dan perenang, dan karya-karya paling terkenalnya.

Untuk daftar lengkap semua 588 karya seni Paul Cezanne, Anda dapat mengunjungi [sumber ini]. Anda juga dapat menemukan gambar resolusi tinggi dari karya seni Paul Cezanne di [sumber ini].

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive