BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Saturday 4 March 2023

Trand Topik di Thailand Kereta Cepat Jakarta Bandung Jadi Berita Heboh .

 




  Kereta api cepat antara Jakarta dan Bandung adalah pekerjaan besar yang sangat diandalkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan langkah penting dalam perkembangan perkeretaapian Indonesia yang kini sudah sejajar dengan negara-negara maju seperti Jepang, China, dan Eropa. Ini juga membantu meringankan kemacetan lalu lintas yang semakin membingungkan antara Jakarta dan Bandung. Kereta apcepat tidak tersedia secara luas karena biaya investasi yang tinggi, kebutuhan infrastruktur yang luas, dan kebutuhan penumpang dalam jumlah yang signifikan agar kereta cepat, yang memiliki tiket relatif lebih tinggi dari kereta biasa, dapat berjalan dengan sukses.

     Di Thailand, negeri gajah putih, proyek kereta api Jakarta-Bandung akhirnya menjadi trending topic dan breaking news berkat pencapaian yang luar biasa dan sangat membanggakan ini. Laporan tersebut menunjukkan bahwa media di Thailand telah memberikan pujian tinggi atas proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung yang telah selesai beroperasi. Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat sebesar itu, sehingga menjadi contoh dan kiblat baru bagi kawasan tersebut. Selain itu, kota Surabaya di Jawa Timur juga dikabarkan akan terhubung dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Itu luar biasa.

     Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa berjalan pada Juni 2023. Saat ini, progresnya sudah melebihi 80,40%.

     Seusai Konferensi G20 di Bali, Jokowi dan Presiden China Xi Jinping melakukan diskusi tertutup membahas Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

     Rahadian Ratry, Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia China (KCIC), memberikan update terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Proyek strategis nasional tersebut diharapkan mulai beroperasi pada Juni 2023, demikian diketahui.

     Saat ini kami sedang berkonsentrasi menyelesaikan pembangunan stasiun dan memasang rel serta infrastruktur perkeretaapian lainnya. Juga dipertimbangkan sebelum operasi adalah kesiapan sumber daya manusia.

     Tahap kedua dari seri KCJB Electric Multiple Unite (EMU), yang memulai debutnya pada 11 Januari 2023, juga diperkenalkan secara bertahap oleh KCIC. Depo Tegalluar Bandung secara bertahap akan menerima empat rangkaian KRL yang tiba di Indonesia pada 25 Desember 2022.

     Sebelumnya, Jokowi dan Xi Jinping meninjau uji coba proyek kereta cepat Jakarta-Bandung secara bersamaan. Dengan 4 stasiun perhentian sepanjang 142,3 km pembangunannya, antara lain Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar, dengan kecepatan operasi tertinggi 350 km/jam.

     Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada kesempatan yang sama memastikan target operasional tengah tahun Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak akan ditunda lagi.

     “Agar proyek ini selesai pertengahan tahun depan, kita terus bekerja sama secara efektif. Tidak boleh ditunda-tunda, harus dilakukan. Saya pribadi berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini,” kata Luhut.

     Bencana itu semata-mata akibat kesalahan manusia, menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut Luhut, kecelakaan itu terjadi akibat kereta anjlok akibat penurunan kecepatan saat pengereman. Saat didekati pada Launching Aksi Pencegahan Korupsi 2023–2024 di Jakarta, Selasa, 20 Desember 2022, Luhut menyatakan, "Itu ada kesalahan teknis.

     Luhut, yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Kereta Cepat, memastikan kecelakaan itu tidak mempengaruhi tenggat penyelesaian proyek yang semula Juni 2023. Sejak target awal 2019, Proyek Strategis Nasional (PSN) justru mengalami penundaan.

     Usai Konferensi G20 di Bali pertengahan November lalu, Luhut sebelumnya berbicara dengan Presiden China Xi Jinping mengenai target penyelesaian proyek tersebut.

     Dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping pada 16 November 2022, Luhut menyatakan, “Kami berharap Presiden Xi Jinping dapat menghadiri pembukaan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan bersama Presiden Joko Widodo. Widodo.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive