BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Saturday 4 March 2023

5 Makanan Cepat dan Sederhana untuk Menurunkan Tekanan Darah!

 


Kondisi berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Makanan penurun tekanan darah ini wajib dikonsumsi!

Beberapa orang diam-diam mengalami tekanan darah tinggi atau sering dikenal dengan hipertensi. Tanpa peralatan khusus, penyakit ini sulit untuk didiagnosis karena begitu menyerang, langsung merusak organ penting kita.

Perawatan tekanan darah tinggi alami yang paling penting untuk pasien hipertensi adalah mengikuti diet teratur. Dengan kata lain, hindari makanan cepat saji, tambahan garam, dan camilan di luar. Meskipun obat generik bekerja dengan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, efeknya hanya sementara dan tidak mengatasi penyebab yang mendasarinya.

Oleh karena itu, mengetahui jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi sangatlah penting. Makanan ini biasanya mengandung mineral seperti potasium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk penderita hipertensi.

Apakah Anda bertanya-tanya makanan apa yang harus Anda makan? Berikut beberapa makanan yang terbukti menurunkan tekanan darah menurut sains!

1. Sayuran Yang Segar

 

Gambar: Pexels

Dari segi kesehatan, sayuran memang memiliki reputasi yang sangat baik. Bahwa makanan ini digunakan sebagai pengobatan tekanan darah tinggi alami tidak mengherankan.

Pilih sayuran berdaun hijau tua seperti kangkung, arugula, dan bayam untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Sayuran ini kaya akan potasium dan magnesium, dua unsur yang telah terbukti membantu menjaga tekanan darah yang stabil dan sehat.

2. Buah Bit

Gambar: Pexels

  Bit merah tua mengandung nitrat, yang hanya dalam 24 jam berubah menjadi oksida nitrat, gas yang meningkatkan sirkulasi darah.

Bit dapat dikonsumsi mentah atau dibuat menjadi jus. Dokter menyarankan untuk mengonsumsi 250 ml atau kurang jus bit setiap hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3.Pisang

Gambar: Pexels

  Penderita hipertensi sering dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium untuk menghilangkan kelebihan garam dalam tubuh. Pisang adalah salah satu pengobatan alami untuk tekanan darah tinggi yang kaya akan mineral ini.

420 miligram ditemukan dalam satu buah pisang. Namun perlu diingat bahwa satu buah pisang saja tidak cukup. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 4.700 miligram potasium setiap hari.

Karena itu pastikan untuk memasukkan makanan kaya kalium tambahan!

4. Cokelat Hitam

Gambar: Pexels


 Penggemar coklat pasti senang. Makanan yang terbuat dari biji kakao merupakan sumber flavonoid anti-inflamasi yang baik yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Namun demikian, hanya cokelat hitam dengan kandungan kakao minimal 70% yang memiliki efek ini.

Cokelat hitam dengan almond juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Meski demikian, jaga asupan dark chocolate harian Anda tidak lebih dari 28 gram, ya.

5. Oatmeal

Gambar: Pexels

  Dalam uji coba yang berbeda, oatmeal terbukti bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi sistolik dan diastolik. Trik-nya? Serat beta-glucan hadir dalam oatmeal.

Selain itu, diet tinggi serat membantu menghambat rasa lapar dan mencegah obesitas. Dan ada juga opsi oat semalam yang enak. Isi dengan beri, granola, dan bubuk kayu manis untuk sarapan yang sehat dan menyenangkan.

Itulah 5 Makanan Cepat dan Sederhana untuk Menurunkan Tekanan Darah! Yang perlu anda ketahui semoga bermanfaat info tentang kesehatan.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive