BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Saturday 11 March 2023

Waspada ! Letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah; Hindari Radius Ini

Foto: AFP via Getty Images/DEVI RAHMAN

 Gunung Merapi di Jawa Tengah kembali meletus. Hari ini, lahar mendidih menyembur dari puncaknya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Awan panas bergerak ke arah Sungai Bebeng atau Krasak, menurut Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).


Puncak yang berada di antara perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta ini memiliki radius bahaya 7 km. Orang-orang diimbau untuk tidak bergerak di zona bahaya sebagai akibatnya.

Pada Sabtu (11/3/2023), ia memposting di Instagram resminya bahwa "masyarakat disarankan untuk menjauh dari daerah berisiko" (jarak 7 km dari puncak Gunung Merapi di Kali Bebeng dan Krasak).


Sebelumnya, BPPTKG melaporkan Gunung Merapi meletus hari ini, Sabtu (11/3/2023), pukul 12.12 WIB. Dalam video yang dipublikasikan BPPTKG, Merapi diselimuti semburan awan panas. Video tersebut direkam oleh stasiun CCTV di Tunggularum-Sleman.


Pada 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB terjadi awan panas yang menerjang Gunung Merapi di kawasan umum Kali Bebeng/Krasak, demikian keterangan yang diposting di akun Instagram resmi BPPTKG pada Sabtu (11/3/2023).

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive