BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Wednesday 22 November 2023

Google Doodle Hari Ini Sosok Dr Victor Chang

 

Foto: Google

Dr. Victor Chang adalah seorang ahli bedah jantung Australia yang dikenal karena kontribusinya dalam pengembangan teknik pembedahan jantung dan transplantasi. Ia lahir pada tanggal 21 November 1936 di Shanghai, Tiongkok, dan meninggal pada tanggal 4 Juli 1991 di Sydney, Australia.


Dr. Victor Chang pindah ke Australia pada tahun 1953 untuk mengejar pendidikannya. Ia lulus sebagai dokter dari Universitas Sydney pada tahun 1959. Setelah menyelesaikan pelatihan bedahnya di Royal Prince Alfred Hospital, Sydney, ia melanjutkan pendidikannya di Inggris dan Amerika Serikat.


Pada awal kariernya, Dr. Chang memiliki minat khusus dalam bedah jantung dan mendirikan Pusat Bedah Jantung St. Vincent di Sydney pada tahun 1976. Ia dikenal karena memperkenalkan teknik-teknik pembedahan inovatif, termasuk penggunaan alat jantung buatan dan transplantasi jantung.


Namun, yang paling terkenal dari karyanya adalah pada bidang transplantasi jantung. Dr. Chang melakukan transplantasi jantung pertama di Australia pada tahun 1984. Ia juga mendirikan Pusat Jantung Victor Chang untuk Riset Jantung di Sydney pada tahun 1994, yang kemudian dinamai berdasarkan namanya untuk menghormatinya setelah kematiannya.


Sayangnya, Dr. Victor Chang menjadi korban pembunuhan pada tahun 1991 dalam usia 54 tahun. Kematian tragisnya mengguncang komunitas medis dan masyarakat Australia. Meskipun kehilangan Dr. Chang adalah pukulan besar bagi dunia kedokteran, warisan dan kontribusinya terhadap bidang bedah jantung tetap hidup melalui terus berkembangnya penelitian dan pengobatan di Pusat Jantung Victor Chang.

Google Doodle mendedikasikan penghargaannya untuk Dr. Victor Chang sebagai pelopor bedah transplantasi jantung modern. Dr Chang dinilai mengikuti kata hatinya dan memberikan anugerah kehidupan kepada orang lain.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive