BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Sunday 12 November 2023

Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-59 Untuk Indonesia Maju

 


Keluarga besar Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Selatan menyampaikan selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November.


Peringatan ke-59 Hari Kesehatan Nasional pada tahun 2023 ini memiliki tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut sangat relevan dengan kondisi Indonesia pascapandemi yang menunjukkan bahwa Indonesia berketahanan dan mampu tumbuh secara berkelanjutan.


Dikutip dari detik.com, Hari Kesehatan Nasional diperingati pertama kali pada 12 November 1964. Kelahiran momen tersebut berkaitan dengan wabah malaria yang melanda Indonesia pada era 50-an. Pemerintah berupaya menanggulanginya dengan melakukan penyemprotan secara massal.


Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Ir Soekarno selaku Presiden RI pada 12 November 1959 di Desa Kalasan, Di Yogyakarta. Lima tahun setelah program penyemprotan berjalan, wabah malaria di Tanah Air mengalami penurunan yang signifikan. Untuk memperingati capaian tersebut, tanggal 12 November 1964 diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional yang pertama.


Semoga melalui peringatan ini, kita semua mampu menjaga kesehatan masyarakat dan dapat mencegah penyakit maupun wabah di masa depan.



Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive