BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Thursday 19 October 2023

Produk-produk tersebut bisa mendatangkan keuntungan besar jika Ganjar-Mahfud memenangkan pemilu presiden

Foto: Mahfud Mahmodin (Mahfud MD) sebagai calon wakil presiden pendamping calon presiden Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Gedung DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). (CNBC Indonesia/Pool)



Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud Mahmodin (Mahfud MD) merupakan pendukung calon wakil presiden (cawapres) dari calon (capres) Ganjar Pranowo.

Pengangkatan Mahfud MD sebagai calon Presiden Ganjar pada Rabu (18/10/2023) oleh Ketua Umum PDIP Jenderal Megawati Soekarnoputri.


“Ucapkan bismillahirrahmanirrahim, wakil presiden yang ditunjuk PDIP menyusul Pak Ganjar Pranowo adalah Pak Profesor Mahfud MD,” kata Megawati. Menurut Megawati, Mahfud terkenal karena keduanya bekerja sama di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Megawati pun memuji Mahfud sebagai seorang intelektual. “Saya melihat ilmunya di bidang hukum kaya akan pengalaman,” kata Megawati.



Menurut Megawati, Mahfud merupakan sosok yang memiliki pengalaman luas di sektor legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Kemudian, lanjutnya, Mahfud juga dikenal sebagai pejuang hukum dan pembela rakyat jelata.


Kini calon Ganjar sudah punya calonnya, mendukung calon lain seperti Anies yang juga mendeklarasikan calonnya, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.


Meski digandeng seluruh Ganjar, yakni Mahfud MD, jika Ganjar-Mahfud menang di Pilpres 2024, maka ia diperkirakan akan meneruskan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berujung pada dua hal. Terkait dengan itu, jika kita menilai Ganjar-Mahfud menang pada Pilkada 2024, kemungkinan besar sektor saham dan konstruksi, infrastruktur, pertanian, dan pertambangan akan ditopang oleh lahan yang akan didongkrak. "Berkah".


Tak hanya itu, Departemen Syariah juga merupakan anak perusahaan karena Mahfud MD sendiri tidak akan berperan di Departemen Syariah. Lebih lengkapnya, simak selengkapnya berikut ini mengenai sektor-sektor potensial dan saham-saham yang diuntungkan jika Ganjar-Mahfud menang pada pemilu 2024.


1. Konstruksi


Calon presiden Ganjar akan melanjutkan program Jokowi, sedangkan pembangunan infrastruktur peninggalan Joko Wididi akan terus berlanjut. Dalam hal ini, kekuatan industri konstruksi khususnya BUMN Karya akan meningkatkan kinerja produknya jika Ganjar memenangkan pemilu 2024. Sementara itu, saham BUMN Karya dikhawatirkan banyak pihak karena kinerja keuangannya anjlok akibat utang yang semakin besar.


Salah satu penyebabnya adalah pandemi Covid-19 yang memaksa proyek-proyek “tertunda” penyelesaiannya sehingga berdampak pada peningkatan biaya BUMN Karya dan penurunan laba atau pendapatan. Meski Ganjar tidak memiliki hubungan langsung dengan BUMN Karya atau penyedia jasa konstruksi, namun melanjutkan program Jokowi sebelumnya bisa memberikan pemulihan bagi saham-saham di daerah tersebut.


Apalagi, banyak proyek di pemerintahan Jokowi yang belum rampung, seperti Undang-Undang Ibu Kota Negara Indonesia (IKN), Jalan Tol Trans Sumatera, dan lain-lain. 2. Bahan


Seperti halnya industri konstruksi, industri infrastruktur juga bisa mendapat “berkah” jika Ganjar-Mahfud menang pada pemilu 2024. Rencana Jokowi juga fokus pada pembangunan infrastruktur dan akan terus berlanjut selama Ganjar.


Ada program pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, bendungan, media center dan lain-lain. Dengan proyek infrastruktur tersebut, saham-saham seperti perusahaan pembiayaan jalan raya, perusahaan telekomunikasi, saham menara telekomunikasi, dan saham transportasi khususnya jasa pelayaran akan diuntungkan.


3. Pertanian


Sektor pertanian juga menjadi sektor yang diuntungkan jika Ganjar-Mahfud menang pada pemilu 2024. Semasa menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode, Ganjar berhasil menjadikan Jateng menjadi pabrik roti terbesar di Tanah Air pada tahun 2022. . . Output beras Jateng mencapai 9,2 juta ton beras, dimana 5,4 juta beras diantaranya. Produksi beras Jawa Tengah sebanyak 1,2 juta ton. Kabupaten Sragen merupakan Kabupaten terluas yang wilayahnya mempunyai luas panen 131,9 ribu hektare dan produksi gabah kering (GKG) 805,8 ribu ton.


Saat ini areal produksi padi di Jawa Tengah tersebar di banyak daerah antara lain Sragen, Grobogan, Cilacap, Demak, Pati, Blora, Brebes, Pemalang dan Wonogiri. Dan Ganjar menilai dirinya berhasil membawa Jawa Tengah menjadi keranjang beras nasional, tindakan yang mungkin berguna jika Ganjar menang dan melanjutkan rencananya selama menjabat Gubernur Jawa Tengah adalah perilaku para petani padi dan pendukungnya.


4. Penambangan


Makan merupakan salah satu program yang diadakan pada masa pemerintahan Jokowi dan diharapkan program ini akan terus berlanjut pada masa Ganjar-Mahfud jika memenangkan pemilu 2024. Penambangan rusa dilakukan untuk mendapatkan mineral seperti emas dan nikel. Selain itu, penambangan nikel didorong untuk membantu mengurangi dampak perubahan iklim, terutama pada kendaraan listrik. Nikel merupakan produk penting untuk mobil listrik, karena nikel merupakan elemen penting dalam baterai, elemen terpenting dalam mobil listrik.


Jika Ganjar memenangkan pemilu 2024, maka sumber daya pertambangan, khususnya nikel, juga bisa mendapat “berkah” karena program dukungan nikel akan terus berlanjut. 5. Hukum Syariah


Wakil Presiden Mahfud MD juga fasih dalam bidang ekonomi syariah. Selain itu, Mahfud sendiri pernah menjabat sebagai Ketua DPP Dewan Tanfidz Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2002-2005.


Bahkan, Mahfud menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Kadiri periode 2003-2006. Oleh karena itu, sektor syariah juga bisa terdukung jika Ganjar-Mahfud menang pada pemilu 2024.



Sektor berbasis syariah di Indonesia kini banyak bergerak di sektor keuangan, seperti perbankan syariah, asuransi syariah dan lain-lain. Namun ada sektor lain yang berbasis syariah yang bisa dipromosikan, seperti sektor pariwisata syariah, pendidikan syariah, dan lain-lain.

Sumber https://www.cnbcindonesia.com/research/20231018213105-128-481762/saham-ini-bisa-cuan-jumbo-jika-ganjar-mahfud-menang-pilpres

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive