BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Tuesday 14 May 2024

Apa Itu Paleoecology Menurut Para Ahli

 

.cell.com

Paleoekologi, juga dieja sebagai palaeoekologi, adalah studi tentang interaksi antara organisme dan/atau interaksi antara organisme dan lingkungan mereka sepanjang skala waktu geologi. Ini adalah disiplin yang berinteraksi dengan, bergantung pada, dan memberi informasi kepada berbagai bidang termasuk paleontologi, ekologi, klimatologi, dan biologi.

sciencesource.com


Paleoekologi muncul dari bidang paleontologi pada tahun 1950-an, meskipun paleontolog telah melakukan studi paleoekologi sejak penciptaan paleontologi pada abad ke-17 dan ke-18. Ini melibatkan studi tentang organisme fosil dan sisa-sisa yang terkait (seperti cangkang, gigi, serbuk sari, dan biji), yang dapat membantu dalam interpretasi siklus hidup mereka, interaksi hidup, lingkungan alam, komunitas, dan cara kematian dan pemakaman.


Ada berbagai pendekatan untuk paleoekologi:

- **Paleoekologi klasik** menggunakan data dari fosil dan subfosil untuk merekonstruksi ekosistem masa lalu.

- **Paleoekologi evolusioner** menggunakan data dari fosil dan bukti lainnya untuk memeriksa bagaimana organisme dan lingkungan mereka berubah sepanjang waktu.

- **Paleoekologi komunitas** menggunakan analisis statistik untuk memeriksa komposisi dan distribusi kelompok tumbuhan atau hewan.


Paleoekolog telah mempelajari catatan fosil untuk mencoba menjelaskan hubungan yang dimiliki hewan dengan lingkungan mereka, sebagian untuk membantu memahami keadaan saat ini dari keanekaragaman hayati. Mereka telah mengidentifikasi hubungan yang erat antara keragaman taksonomi dan ekologi vertebrata, yaitu, antara keragaman hewan dan ceruk yang mereka tempati.


Penting untuk dicatat bahwa paleoekologi memiliki banyak kesamaan dengan ekologi, studi tentang organisme hidup dan interaksi mereka dengan lingkungan biotik dan abiotik mereka. Namun, sifat catatan fosil menentukan beberapa perbedaan dari ekologi yang harus dipertimbangkan dalam paleoekologi. Misalnya, seorang paleoekolog tidak dapat secara langsung mengamati organisme dalam lingkungan mereka karena organisme yang diteliti telah mati dalam waktu yang sangat lama.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive