BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Monday 13 May 2024

Netball Olahraga Mirip Basket

 Netball adalah olahraga tim yang cepat dan penuh keterampilan yang dimainkan di lapangan persegi panjang oleh dua tim, masing-masing beranggotakan tujuh pemain. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola melalui ring gol lawan sambil mencegah tim lawan memasukkan bola melalui ring gol mereka sendiri.

diamonds.netball.com


Berikut adalah beberapa poin penting tentang netball:

- Bola yang digunakan dalam netball memiliki lingkar 680 hingga 710 milimeter (27 hingga 28 in).

- Ring gol berdiameter 380 milimeter (15 in) dan dipasang setinggi 3,05 meter (10,0 ft) pada tiang gol di setiap ujung lapangan.

- Netball adalah salah satu dari beberapa olahraga yang diciptakan khusus untuk wanita dan anak perempuan dan tetap terutama dimainkan oleh mereka.

- Menurut World Netball, olahraga ini dimainkan oleh lebih dari 20 juta orang di lebih dari 80 negara.

- Liga domestik utama dalam olahraga ini termasuk Netball Superleague di Inggris Raya, Suncorp Super Netball di Australia, dan ANZ Premiership di Selandia Baru.

- Empat kompetisi utama berlangsung secara internasional: Kejuaraan Dunia Netball empat tahunan, Commonwealth Games, dan Quad Series dan Fast5 Series tahunan.

- Pada tahun 1995, netball menjadi federasi olahraga yang diakui oleh Komite Olimpiade Internasional, tetapi belum pernah dimainkan di Olimpiade.


Netball sering dibandingkan dengan bola basket, tetapi ada beberapa perbedaan kunci. Misalnya, tidak ada papan belakang dan tidak ada dribbling dalam netball. Olahraga ini berkembang pertama kali sebagai permainan yang sebagian besar dimainkan oleh wanita dan anak perempuan, tetapi sekarang dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan, wanita dan pria. Beberapa format permainan yang berbeda sekarang telah dikembangkan termasuk FAST5, Beach Netball, dan Disability Netball.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive