BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Thursday 2 May 2024

Apa Itu Pelangi Menurut para Ahli

 

.relaksminda.com

**Pelangi** adalah fenomena alam indah yang terjadi ketika cahaya berinteraksi dengan tetesan air di atmosfer. Begini cara pembentukannya:


1. **Sinar Matahari dan Pembiasan**: Saat sinar matahari melewati atmosfer, ia akan dibiaskan (dibengkokkan) saat memasuki tetesan air, seperti tetesan air hujan atau kabut. Pembelokan cahaya ini terjadi karena kecepatan cahaya berubah ketika berpindah dari udara ke medium yang lebih padat seperti air. Cahaya yang dibiaskan di dalam tetesan kemudian dipantulkan ke permukaan belakang tetesan.


2. **Pemantulan dan Dispersi Internal**: Saat cahaya yang dipantulkan keluar dari tetesan, cahaya tersebut mengalami pembiasan lagi. Kali ini, cahaya disebarkan ke dalam warna-warna komponennya karena panjang gelombang yang berbeda. Panjang gelombang yang lebih pendek (biru dan ungu) lebih bengkok dibandingkan panjang gelombang yang lebih panjang (merah dan oranye). Dispersi ini menciptakan spektrum warna.


3. **Melihat Pelangi**: Untuk melihat pelangi, Anda perlu memposisikan diri dengan matahari di belakang Anda dan tetesan air hujan di depan Anda. Jenis pelangi yang paling umum terjadi ketika sinar matahari menyinari tetesan air hujan dengan sudut kira-kira 42 derajat. Sudut ini memastikan warna terlihat oleh pengamat.


4. **Pelangi Melingkar**: Pelangi sebenarnya berbentuk lingkaran penuh, namun biasanya kita hanya melihat setengah lingkaran karena tanah menghalangi bagian bawahnya. Pusat lingkaran adalah titik antisolar yang berhadapan langsung dengan matahari. Pemirsa di darat hanya bisa melihat cahaya yang dipantulkan tetesan air hujan di atas cakrawala. Karena cakrawala setiap orang sedikit berbeda, tidak ada dua orang yang melihat pelangi yang sama.


5. **Urutan Warna**: Warna-warna pelangi primer selalu muncul dalam urutan panjang gelombang yang sama: merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu .


Jadi, lain kali Anda melihat pelangi setelah hujan, ingatlah bahwa itu adalah interaksi ajaib antara cahaya dan tetesan air! 🌈✨


Sumber: Percakapan dengan Bing, 5/2/2024

(1) Pelangi - National Geographic Society. https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/rainbow/.

(2) Bagaimana Pelangi Terbentuk? | Masyarakat Meteorologi Kerajaan. https://www.rmets.org/metmatters/how-are-rainbows-formed.

(3) Bagaimana pelangi terbentuk? - Bertemu Kantor. https://www.metoffice.gov.uk/weather/learn-about/weather/optical-effects/rainbows/how-are-rainbows-formed.

(4) Bagaimana Pelangi Terbentuk? - Sains ABC. https://www.scienceabc.com/nature/how-rainbows-formed.html.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive