BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Thursday 16 May 2024

Apa Itu QD-OLED (Quantum Dot OLED)

 QD-OLED (Quantum Dot OLED) adalah teknologi tampilan canggih yang menggabungkan manfaat OLED (Organic Light Emitting Diodes) dan Quantum Dots. Berikut penjelasan singkatnya:

hiswai.com/


- **OLED**: OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode. OLED menghasilkan cahaya dengan memberikan muatan listrik ke lapisan bahan organik, yang kemudian memancarkan cahaya. Cahaya ini dilewatkan melalui berbagai filter untuk menghasilkan warna yang dibutuhkan.

- **Quantum Dots**: Quantum Dots adalah molekul mikroskopis yang memancarkan warna yang berbeda ketika cahaya mencapai mereka dari lampu latar.


Dalam tampilan QD-OLED, bahan OLED biru digunakan untuk menghasilkan sumber cahayanya karena biru "memiliki energi cahaya terkuat". Cahaya itu melewati lapisan quantum dots untuk menciptakan apa yang seharusnya menjadi rentang warna yang lebih besar. Teknologi QD-OLED pada dasarnya menggabungkan sifat self-illuminating dari TV OLED dengan kecerahan dan warna yang Anda harapkan dari TV QLED terbaik.


Beberapa TV QD-OLED terbaik pada tahun 2024 termasuk model dari Sony dan Samsung. Misalnya, Sony XR-A95K adalah TV QD-OLED yang menggunakan teknologi Quantum Dot OLED, menggabungkan kedalaman hitam OLED dengan kecerahan luar biasa dan warna murni. Samsung S95C OLED menggunakan panel QD-OLED.


Namun, karena teknologi ini masih baru, TV ini datang dengan harga premium. Meskipun biayanya, TV QD-OLED menawarkan peningkatan signifikan dalam kualitas gambar, menjadikannya pilihan yang bagus untuk penggemar bioskop rumah.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive