BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Thursday 16 May 2024

Fakta Menarik Tentang Tupai Terbang Menurut Para Ahli

 Tupai terbang adalah hewan yang aktif di malam hari atau disebut juga hewan nokturnal. 

tarungnews.com


Mereka memiliki kemampuan penglihatan yang baik dalam kondisi cahaya rendah dan menggunakan indera penciuman dan pendengaran mereka yang tajam untuk mencari makanan.


Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang tupai terbang:


1. **Mata Raksasa untuk Penglihatan Malam**: Tupai terbang memiliki mata yang besar yang memungkinkan mereka mengumpulkan lebih banyak cahaya, yang merupakan adaptasi yang dimiliki oleh banyak hewan nokturnal lainnya seperti burung hantu dan lemur.


2. **Berkilau dalam Gelap**: Tupai terbang berkilau di bawah cahaya ultraviolet. Mereka berkilau hampir neon pink, dengan warna yang lebih hidup di bagian bawah mereka.


3. **Patagia**: Sebuah tupai terbang memiliki membran seperti parasut berbulu antara anggota gerak depan dan belakang mereka yang disebut patagia. Lipatan ini menangkap udara saat tupai jatuh, yang memungkinkannya meluncur ke tujuan berikutnya.


4. **Jari Ekstra**: Melekat pada patagia mereka, tupai terbang memiliki duri pergelangan tangan yang memanjang keluar ketika "sayap" mereka menyebar. Jari ekstra ini memungkinkan mereka untuk meregangkan patagia lebih jauh daripada yang bisa mereka lakukan dengan hanya lengan kecil mereka dan dengan demikian menangkap lebih banyak udara dan meluncur lebih jauh dan lebih halus.


5. **Jarak Meluncur**: Rata-rata, mereka dapat meluncur sekitar 65 kaki dari pohon ke pohon. Namun, bila diperlukan, tupai ini dapat meluncur hingga 300 kaki.


6. **Belokan di Udara**: Tupai terbang sangat gesit. Mereka menggunakan semua anggota gerak mereka sebagai semacam kemudi untuk mengarahkan jatuh. Anggota gerak yang kuat mereka dipasangkan dengan ekor berbulu dan otot patagia yang kuat bahkan dapat memungkinkan mereka untuk melakukan setengah lingkaran dalam satu meluncur dan sepenuhnya membalikkan arah mereka.


7. **Distribusi Geografis**: 90% dari semua spesies tupai terbang hanya ada di Asia.


Bukankah alam itu menakjubkan? 😊

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive