BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Monday 13 May 2024

Moby-Dick Novel Tentang Perburuan Paus

 "Moby-Dick; atau, Sang Paus" adalah sebuah novel yang ditulis oleh penulis Amerika Herman Melville dan diterbitkan pada tahun 1851. Buku ini adalah narasi oleh pelaut Ishmael tentang pencarian obsesif Ahab, kapten kapal penangkap paus Pequod, untuk balas dendam terhadap Moby Dick. Moby Dick adalah paus sperma putih raksasa yang menggigit kaki Ahab pada pelayaran kapal sebelumnya.

simonandschuster.com


Novel ini dikenal karena deskripsi yang detail dan realistis tentang perburuan paus dan ekstraksi minyak paus, serta kehidupan di atas kapal di antara awak kapal yang beragam budayanya. Ini mengeksplorasi tema kelas dan status sosial, baik dan jahat, dan keberadaan Tuhan. Kalimat pembuka buku, "Panggil saya Ishmael", adalah salah satu yang paling terkenal dalam sastra dunia.


Meskipun statusnya sekarang terkenal, "Moby-Dick" adalah kegagalan komersial pada saat rilis dan sudah tidak dicetak pada saat kematian penulis pada tahun 1891. Reputasinya sebagai "Novel Amerika Hebat" baru didirikan pada abad ke-20.


Paus putih dalam novel ini dimodelkan pada paus nyata yang dikenal sebagai Mocha Dick. Paus sperma albino ini dikenal karena berenang dengan tenang di samping perahu penangkap paus, tetapi akan mencoba menghancurkan perahu pada tanda pertama harpun.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive