BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Sunday 7 April 2024

SAINS Simpanse Terlihat Saling Memberikan Bantuan Medis

 Para peneliti memperhatikan simpanse menunjukkan perilaku empati.

Credit: Unsplash


Sebagai salah satu kerabat terdekat umat manusia di dunia hewan, perilaku simpanse selalu menjadi sumber penemuan baru yang menarik. Seringkali, mereka terlihat seperti hewan sederhana, namun terkadang, mereka dapat menunjukkan sifat-sifat yang sangat mirip dengan manusia.

Salah satu contohnya baru-baru ini terlihat di Taman Nasional Loango di Gabon, yang merupakan rumah bagi komunitas 45 simpanse. Para peneliti, termasuk ahli primata Tobias Deschner dan ahli biologi kognitif Simone Pika, melihat simpanse mengambil serangga kecil dan mengoleskannya pada goresan dan luka kecil yang diyakini sebagai bentuk pengobatan sendiri.

“Pengobatan mandiri – di mana individu menggunakan bagian tanaman atau zat non-nutrisi untuk memerangi patogen atau parasit – telah diamati pada berbagai spesies hewan termasuk serangga, reptil, burung, dan mamalia,” kata Pika dalam sebuah pernyataan.

“Dua kerabat terdekat kita yang masih hidup, simpanse dan bonobo, misalnya, menelan daun tanaman yang memiliki khasiat anthelmintik (antiparasit) dan mengunyah daun pahit yang memiliki khasiat kimia untuk membunuh parasit usus.”

Simpanse yang mencoba mengobati dirinya sendiri cukup menarik, namun yang membuatnya lebih menarik adalah simpanse terlihat saling mengoleskan obat palsu mereka. Ini merupakan kasus pertama simpanse yang memberikan obat kepada simpanse lain, bukan hanya diri mereka sendiri.

“Simpanse memakan serangga, tapi kami tidak tahu kalau mereka menangkap dan menggunakannya untuk mengobati lukanya,” kata Pika. “Oleh karena itu, mereka tidak hanya memiliki pemahaman tentang spesies makanan mereka (tanaman, serangga, monyet, burung, reptil) tetapi mungkin juga tentang karakteristik spesies hewan lain yang membantu melawan cedera.”

Hal ini dianggap sebagai perilaku “prososial”, sesuatu yang hampir tidak pernah ditunjukkan oleh hewan liar. Apakah ini merupakan produk dari empati yang disadari atau tidak, masih belum dapat ditentukan, namun hal ini dapat memberikan wawasan potensial tentang perilaku prososial alami yang kita tunjukkan sebagai manusia.

Sumber https://uncached.com/chimpanzees-seen-giving-one-another-medical-aid/

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive