BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Sunday 28 July 2024

Fakta Tentang Gunung Haleakalā

 

https://mauinow.com/2018/03/19/fun-facts-about-haleakala/



Berikut beberapa fakta menarik tentang Gunung Haleakalā:

  1. Asal Vulkanik: Haleakalā, juga dikenal sebagai Gunung Maui Timur, membentuk lebih dari 75% dari Pulau Hawaii Maui. Sebelah barat 25% pulau ini dibentuk oleh gunung berapi lain yang disebut Mauna Kahalawai atau Pegunungan Maui Barat.

  2. Legenda Matahari: Nama “Haleakalā” berarti “rumah matahari” dalam bahasa Hawaii. Menurut legenda, dewa setengah manusia bernama Maui berdiri di puncak gunung ini untuk menjerat matahari, menciptakan musim dengan hari yang lebih pendek di musim dingin dan lebih lama di musim panas.

  3. Spesies Terancam Punah: Taman Nasional Haleakalā memiliki total 103 spesies terancam punah, menjadikannya rumah bagi lebih banyak spesies terancam punah daripada taman nasional AS lainnya. Habitat pulau yang terisolasi berkontribusi pada keanekaragaman hayati yang kaya ini.

  4. Observatorium Astronomi: Puncak Haleakalā, dengan langit yang sangat gelap dan udara yang tenang, memiliki observatorium astronomi. Tempat ini digunakan oleh organisasi seperti Universitas Hawaii dan Angkatan Udara Amerika Serikat untuk penelitian astrofisika.

  5. Tanaman Silversword: ʻAhinahina, atau silversword Haleakalā yang terancam punah, hanya tumbuh di wilayah alpin taman ini. Tanaman yang rapuh ini memiliki rambut perak dan tangkai berbunga yang tumbuh saat mekar penuh. Perubahan iklim menjadi ancaman tambahan bagi kelangsungan hidup mereka.

  6. Puncak yang Dingin: Terkejutnya, puncak Haleakalā bisa sangat dingin di musim dingin, meskipun Hawaii secara umum memiliki iklim yang hangat.

Ingatlah, Taman Nasional Haleakalā adalah tempat yang unik dan menarik untuk dieksplorasi! 🌋🌺🌿. Jika Anda berkesempatan, pertimbangkan untuk mengunjungi “Rumah Matahari” ini dan mengalami keajaiban alamnya secara langsung! 🌞

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive