Jembatan Isaac Lee Patterson**, juga dikenal sebagai **Jembatan Rogue River** dan **Jembatan Memorial Isaac Lee Patterson**, adalah jembatan lengkung beton yang melintasi Sungai Rogue di Kabupaten Curry, Oregon. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun **1932** dan dirancang oleh insinyur terkenal **Conde B. McCullough**.
https://www.flickr.com/photos/81918828@N00/3713021973 |
Berikut beberapa detail menarik tentangnya:
- **Desain dan Konstruksi**:
- McCullough menggunakan metode **Freyssinet** untuk pra-tegang lengkungan selama konstruksi dengan menggunakan jack hidrolik. Teknik ini membantu menghindari masalah penyusutan beton yang telah menghantui jembatan lengkung beton sebelumnya.
- Lokasi jembatan yang terpencil menimbulkan tantangan, dengan baja penguat dikirim dari Port Orford dan pabrik beton dibangun di tepi utara sungai.
- Tiang-tiang pendukung dibuat secara lokal.
- Jembatan dibuka lebih awal dari yang direncanakan, pada **24 Desember 1931**, karena kerusakan pada feri Rogue akibat banjir.
- Jembatan ini secara resmi didedikasikan pada **28 Mei 1932** dan dinamai setelah **Isaac Lee Patterson**, yang menjabat sebagai gubernur Oregon dari **1927 hingga 1929**.
- Mercer-Fraser Company membangun jembatan ini dengan biaya akhir sebesar **$592,725.56** .
- **Signifikansi**:
- Jembatan Isaac Lee Patterson adalah **contoh utama** dari desain Conde McCullough.
- Ini adalah **jembatan beton lengkung pertama yang pra-tegang** di Amerika Serikat.
- American Society of Civil Engineers menetapkannya sebagai **National Historic Civil Engineering Landmark** pada tahun **1982**.
- Jembatan ini merupakan bagian dari serangkaian jembatan terkenal yang dirancang oleh McCullough untuk **Oregon Coast Highway** pada tahun 1930-an.
Semoga Anda menemukan latar belakang sejarah ini menarik! 😊
0 comments:
Post a Comment