BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Thursday 11 July 2024

Mengapa Hewan Beracun Berwarna Cerah

https://www.animalwised.com/aposematism-in-animals-definition-with-examples-4042.html

 Berwarna cerah untuk memberi isyarat kepada predator bahwa Anda beracun, mematikan, atau sekadar "bukan camilan" adalah fenomena yang disebut **aposematisme**. Karakteristik ini telah berevolusi secara independen di berbagai garis keturunan hewan dengan pertahanan kimia². Misalnya, katak panah beracun, seperti Dendrobate yang terancam punah dari Peru, adalah salah satu contoh aposematisme terbaik dalam dunia hewan. 

Warnanya yang mempesona berfungsi sebagai peringatan: "Jangan serang saya!" Menyentuh kulit katak panah beracun dapat menyebabkan mual, bengkak, dan kelumpuhan—bahkan pada manusia. Seiring waktu, predator telah belajar mengasosiasikan warna cerah ini dengan bahaya, sehingga spesies mangsa dapat bertahan hidup dan mengembangkan sinyal peringatan ini¹. 

Jadi, lain kali Anda bertemu makhluk hidup, ingatlah bahwa warnanya mungkin merupakan peringatan yang berani! 🐸🌈


Selain katak beracun, beberapa hewan lain juga menunjukkan aposematisme. Berikut beberapa contohnya:

  1. Kupu-kupu Monark: Pola oranye dan hitam yang mencolok menandakan bahwa mereka beracun karena memakan tanaman susu (milkweed). Predator belajar untuk menghindari mereka.

    https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Monarch_butterfly_showy_male_3000px.jpg

  2. Ular Karang: Ular berbisa ini memiliki garis merah, kuning, dan hitam yang mencolok. Warna mereka memberi tahu pemangsa potensial tentang racun yang kuat.

    https://www.worldatlas.com/articles/venomous-snakes-of-the-amazon-basin.html

  3. Lebah dan Tawon: Garis kuning dan hitam pada tubuh mereka adalah tanda peringatan. Ketika terancam, mereka dapat menyengat dengan rasa sakit.

    https://finwise.edu.vn/pictures-o-1693578243108745/

  4. Kumbang Ladybug: Warna merah dengan bintik-bintik hitam menandakan bahwa mereka memiliki rasa yang buruk dan tidak enak dimakan oleh predator.

    https://www.postcrescent.com/story/news/local/2015/10/21/whats-all-ladybugs/74282862/

Ingatlah, warna-warna cerah ini adalah cara alam mengatakan, “Jauhilah!” 🐛🦋🐍🐝

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive