BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Sunday 28 July 2024

Warna Mata Rusa Kutub

https://ar.inspiredpencil.com/pictures-2023/arctic-reindeer-eyes

Rusa Arktik memiliki adaptasi menarik terkait mata mereka. Selama **musim panas**, mata mereka menampilkan tapetum lucidum **emas bercahaya**—lapisan seperti cermin di bagian belakang mata mereka—bergaris pirus, menyerupai opal emas. Namun, di **musim dingin**, lapisan ini berubah menjadi **biru tua dan kaya**. Perubahan warna ini membantu mereka menghadapi **kegelapan Arktik** selama berbulan-bulan, sehingga memungkinkan mereka menangkap lebih banyak cahaya selama bulan-bulan musim dingin yang gelap


https://www.paddykalish.com/blog/eyes-of-the-reindeer

 Rusa kutub (juga dikenal sebagai karibu) memiliki beberapa adaptasi yang luar biasa untuk membantu mereka bertahan di lingkungan yang keras:

  1. Tanduk: Rusa tumbuh tanduk, yang memiliki beberapa tujuan. Mereka menggunakannya untuk membersihkan salju, menggali makanan, dan membela diri dari predator.

  2. Rongga Hidung Hangat: Ada rongga khusus di hidung mereka yang menghangatkan udara yang mereka hirup, membantu mereka bertahan di suhu beku.

  3. Penglihatan Ultraviolet: Rusa dapat melihat cahaya ultraviolet, memungkinkan mereka melihat predator yang bersembunyi seperti serigala di tengah lanskap bersalju.

  4. Enzim Lichenase: Rusa memiliki enzim unik bernama lichenase, yang memungkinkan mereka mencerna lumut yang keras dan melepaskan glukosa—sumber energi penting selama musim dingin ketika lumut menjadi makanan utama mereka . 🦌❄️


 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive