BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Friday 19 July 2024

Peregangan Hamstring untuk Fleksibilitas

 

https://mx.pinterest.com/pin/203858320621011009/

Berikut adalah peregangan hamstring untuk meningkatkan fleksibilitas:

1. Peregangan Hamstring Sederhana

  • Cara melakukannya: Duduk di lantai dengan kedua kaki lurus ke depan. Rentangkan tangan dan raih ke depan dengan membungkuk di pinggang sejauh mungkin sambil menjaga lutut tetap lurus. Tahan selama 15-30 detik.
  • Manfaat: Peregangan ini membantu memperpanjang hamstring dan meningkatkan fleksibilitas secara keseluruhan.

2. Peregangan Hamstring Gaya Pelari

  • Cara melakukannya: Duduk di lantai dengan satu kaki lurus ke depan. Tekuk kaki lainnya di lutut dan posisikan telapak kaki tersebut di paha bagian dalam yang berlawanan. Rentangkan tangan dan raih ke depan di atas kaki yang lurus. Tahan selama 10 detik dan ulangi dengan kaki lainnya.
  • Manfaat: Peregangan ini menargetkan hamstring dan juga membantu membuka pinggul.

3. Peregangan Hamstring Berdiri

  • Cara melakukannya: Berdiri dan silangkan kaki kanan di depan kaki kiri. Perlahan-lahan bungkuk ke depan di pinggul, jaga punggung tetap lurus, dan raih ke arah jari-jari kaki. Tahan selama 15-30 detik dan ganti kaki.
  • Manfaat: Peregangan ini bagus untuk meningkatkan fleksibilitas dan dapat dilakukan di mana saja.

4. Peregangan Hamstring Berbaring

  • Cara melakukannya: Berbaring telentang dengan kaki lurus. Pegang bagian belakang satu lutut dengan kedua tangan, tarik ke arah dada, dan perlahan luruskan lutut sampai Anda merasakan peregangan. Tahan selama 10-30 detik dan ulangi dengan kaki lainnya.
  • Manfaat: Peregangan ini membantu meredakan ketegangan di hamstring dan punggung bawah.

5. Peregangan Hamstring di Dinding

  • Cara melakukannya: Berbaring telentang dengan satu kaki lurus di lantai dan kaki lainnya di dinding. Sesuaikan jarak Anda dari dinding untuk merasakan peregangan yang lembut. Tahan selama 10-30 detik dan ganti kaki.
  • Manfaat: Peregangan ini efektif untuk menargetkan hamstring tanpa memberikan tekanan pada punggung bawah.

Ingatlah untuk meregangkan dengan lembut dan hindari rasa sakit. Konsistensi adalah kunci untuk meningkatkan fleksibilitas dari waktu ke waktu. Apakah Anda memiliki tujuan atau area tertentu yang ingin Anda fokuskan dalam rutinitas peregangan Anda?

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Anda melakukan peregangan hamstring setidaknya 2-3 kali per minggu1. Setiap sesi peregangan bisa dilakukan selama 10-30 detik per peregangan, dan diulang 2-4 kali untuk setiap kaki.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau cedera, ada baiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau fisioterapis untuk mendapatkan saran yang tepat.

Apakah ada area lain yang ingin Anda fokuskan dalam rutinitas peregangan Anda?

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive