BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Saturday 17 August 2024

Kutipan Inspiratif Untuk Hari Ini dari Eleanor Roosevelt,

https://www.cbsnews.com/news/eleanor-roosevelt-first-lady-and-humanitarian/?ftag=CNM-00-10aac3a

“Dengan hari baru datang kekuatan baru dan pemikiran baru.” - Eleanor Roosevelt

Eleanor Roosevelt, lahir dengan nama lengkap Anna Eleanor Roosevelt pada 11 Oktober 1884 di New York City, adalah seorang tokoh politik, diplomat, dan aktivis Amerika Serikat. Dia adalah istri dari Presiden Franklin D. Roosevelt dan menjabat sebagai Ibu Negara Amerika Serikat dari tahun 1933 hingga 1945, menjadikannya Ibu Negara terlama dalam sejarah Amerika.

Eleanor Roosevelt dikenal karena perannya yang aktif dalam politik dan advokasi hak asasi manusia. Setelah masa jabatannya sebagai Ibu Negara, dia menjadi delegasi Amerika Serikat untuk Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 1945 hingga 1952. Dia memainkan peran penting dalam penyusunan dan pengesahan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948.

Selain itu, Eleanor juga dikenal karena upayanya dalam memperjuangkan hak-hak sipil, kesetaraan gender, dan kesejahteraan sosial. Presiden Harry S. Truman bahkan menyebutnya sebagai “Ibu Negara Dunia” karena kontribusinya yang luar biasa dalam bidang hak asasi manusia.

Eleanor Roosevelt meninggal pada 7 November 1962 di New York City pada usia 78 tahun

Berikut beberapa fakta menarik tentang Eleanor Roosevelt:

  1. Penulis Produktif: Eleanor menulis kolom surat kabar harian berjudul “My Day” dari tahun 1935 hingga 1962. Dalam kolom ini, dia berbagi pandangannya tentang berbagai isu sosial dan politik.

  2. Pionir dalam Hak Sipil: Dia secara terbuka mendukung gerakan hak-hak sipil dan sering kali menentang segregasi rasial. Salah satu tindakan paling terkenal adalah ketika dia mengundurkan diri dari Daughters of the American Revolution (DAR) karena organisasi tersebut menolak untuk membiarkan penyanyi kulit hitam Marian Anderson tampil di Constitution Hall.

  3. Peran dalam PBB: Selain membantu menyusun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, Eleanor juga menjadi ketua Komisi Hak Asasi Manusia PBB.

  4. Pengaruh dalam Pendidikan: Dia adalah pendukung kuat pendidikan dan mendirikan sekolah untuk anak-anak kurang mampu di Hyde Park, New York.

  5. Kehidupan Pribadi yang Menantang: Eleanor mengalami banyak kesulitan pribadi, termasuk kehilangan kedua orang tuanya pada usia muda dan menghadapi perselingkuhan suaminya. Namun, dia tetap kuat dan terus berjuang untuk keadilan sosial.

  6. Penghargaan dan Pengakuan: Setelah kematiannya, Eleanor menerima banyak penghargaan anumerta, termasuk Presidential Medal of Freedom pada tahun 1963 dan tempat di National Women’s Hall of Fame.

Eleanor Roosevelt adalah sosok yang luar biasa dengan warisan yang terus menginspirasi banyak orang hingga hari ini. Apakah ada aspek lain dari hidupnya yang ingin Anda ketahui lebih lanjut?

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive