BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Wednesday 21 August 2024

Profil dan biodata Ralph Waldo Emerson

https://www.mentalfloss.com/article/532658/facts-about-ralph-waldo-emerson


Ralph Waldo Emerson (25 Mei 1803 – 27 April 1882) adalah seorang esais, penyair, filsuf, dan pemimpin gerakan Transendentalisme di Amerika Serikat pada abad ke-19. Ia lahir di Boston, Massachusetts, dan menempuh pendidikan di Harvard University.

Emerson dikenal karena pandangannya yang mendukung individualisme dan pemikiran kritis. Ia mulai meragukan doktrin-doktrin tradisional Kristen dan akhirnya meninggalkan jabatan sebagai pendeta Unitarian pada tahun 18322. Karya-karya utamanya termasuk esai “Nature” (1836), “Self-Reliance” (1841), dan “The American Scholar” (1837), yang dianggap sebagai "Deklarasi Kemerdekaan Intelektual Amerika".

Emerson juga dikenal sebagai mentor dan teman dekat Henry David Thoreau, seorang Transendentalis lainnya1. Ia menulis banyak esai yang mengeksplorasi tema-tema seperti kebebasan, hubungan antara jiwa dan alam, serta potensi manusia untuk mencapai hampir segala sesuatu.

Emerson meninggal pada tahun 1882 di Concord, Massachusetts, tetapi warisannya terus hidup melalui karya-karyanya yang telah menginspirasi banyak penulis dan pemikir setelahnya.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive