BERITA TERKINI, DUNIA DALAM BERITA, SEPUTAR INFORMASI TERPECAYA

Wednesday 21 August 2024

Profil Abraham Lincoln Presiden ke-16 Amerika Serikat

 

Kehidupan Awal

Lincoln lahir dari keluarga miskin dan tumbuh besar di perbatasan Indiana. Ia sebagian besar belajar secara otodidak dan kemudian menjadi seorang pengacara. Sebelum menjadi presiden, ia menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Illinois dan juga sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat.

Karier Politik

Lincoln terpilih sebagai presiden pada tahun 1860, yang memicu pemisahan beberapa negara bagian Selatan dan dimulainya Perang Saudara Amerika. Selama masa kepresidenannya, Lincoln berusaha keras untuk mempertahankan persatuan negara dan mengakhiri perbudakan. Salah satu pencapaiannya yang paling terkenal adalah Proklamasi Emansipasi pada tahun 1863, yang membebaskan semua budak di negara-negara bagian yang memberontak.

Akhir Hidup

Lincoln dibunuh pada 14 April 1865 oleh John Wilkes Booth, hanya beberapa hari setelah berakhirnya Perang Saudara. Ia meninggal dunia pada 15 April 1865 di Washington, D.C., pada usia 56 tahun.

Warisan

Lincoln dikenang sebagai salah satu presiden terbesar Amerika Serikat karena kepemimpinannya selama masa krisis nasional dan kontribusinya dalam menghapus perbudakan. Patung dan monumen untuk menghormatinya, seperti Lincoln Memorial di Washington, D.C., terus menjadi simbol penting dalam sejarah Amerika.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive